Review mailketing – Layanan eMail Marketing Indonesia
Mengapa saya membuat review mailketing?
Sebab masih banyak yang belum faham apa itu mailketing dan mengapa kita perlu Mailketing.
Mailketing adalah salah satu tool atau alat yang saya gunakan untuk mengelola email dan mengirim email. Jelas ini adalah alat yang penting bagi Anda yang ingin menggunakan teknik email marketing.
Saya tidak akan membahas email marketing, karena sudah dibahas di artikel lain. Kita fokus saja dulu untuk membahas alatnya (tool) email marketing, yaitu mailketing.

Langsung daftar Mailketing? Klik Disini.
Apa Itu Mailketing?
Sebelum kita membahas review mailketing, kita bahas dulu apa itu Mailketing.
Menurut saya, Mailketing itu layanan berbentuk software untuk menjalankan email marketing. Ada banyak fitur untuk mendukung kita dalam menjalankan email marketing.
Supaya lebih memahami apa itu mailketing, saya jelaskan saja kemampuannya atau apa yang bisa dilakukan oleh Mailketing. Karena kita sedang review mailketing.
Mengumpulkan dan Mengelola Email
Kita mulai review mailketing dengan melihat fitur utamanya, yaitu mengumpulkan dan mengelola email.
Di Mailketing ada yang disebut dengan List. Apa itu list? List adalah tempat kita menampung alamat email. Kita bisa membuat banyak list, bahkan tidak dibatasi. Sehingga kita bisa mengelola dan mengelompokan daftar email kita. Ini bagus untuk segmentasi pasar dan funneling.
Misalnya, jika Anda menjual dua produk yang berbeda, maka Anda bisa membuat dua list yang berbeda. Satu list untuk satu produk. Bisa juga, kita membuat beberapa list untuk satu produk, agar bisa memisahkan mana leads, prospek, dan pembeli.
Untuk melengkapi list, ada yang disebut dengan form atau formulir. Fungsinya untuk membuat form pendaftaran. Satu form pendaftaran akan dihubungkan dengan satu list. Misalnya Anda membuat form A untuk list A, sehingga yang mendaftar menggunakan form A akan masuk ke list A.
Mengirim Email
Tentu saja, yang namanya layanan email marketing akan memiliki kemampuan mengirim email. Hanya saja lebih canggih dibandingkan Gmail. Anda bisa mengirim email otomatis terjadwal (autoresponder) dan bisa broadcast ke semua subscriber Anda.
Anda juga bisa mengirim email (broadcast) ke salah satu list Anda. Bisa memberikan email otomatis disaat subscriber baru bergabung dan dilanjutkan pada waktu yang sudah Anda tentukan.
SMTP dan API
Review mailketing tidak lengkap tanpa membahas SMTP dan API. Apa itu? Saya tidak akan membahas terlalu teknis, cukup mengetahui bagaimana menggunakannya.
Ini adalah protokol dalam pengiriman email. Saya tidak akan menjelaskan teknisnya, intinya dalam pengiriman email akan membutuhkan SMTP dan/atau API. Jika kita mengirim email via gmail, kita menggunakan SMTP milik gmail. Jika mengirim email via hosting, kita mengirim email via SMTP hosting.
Hanya saja gmail dan hosting itu terbatas, bahkan banyak hosting yang menutup jalur pengiriman email. Maka kita bisa menggunakan SMTP pihak ketiga.
Di Mailketing, kita bisa akses dan menggunakan SMTP dan API secara terpisah. Ini sangat bermanfaat jika mau melakukan integrasi di website atau aplikasi kita. Tentu ini untuk programmer atau developer.
Mudah Integrasi
Bagi Anda yang bukan programmer atau developer, Anda bisa dengan mudah mengintegrasikan dengan website Anda. Untuk wordpress ada plugin yang memudahkan integrasi mailketing dengan website Anda.
Pengguna Sejoli, amember, dan berbagai software membership lainnya bisa dengan mudah diintegrasikan. Ada panduannya.
Integrasi dengan WA Marketing
Bagi Anda yang ingin mengintegrasikan email marketing dan WA marketing, maka mailketing adalah alatnya. Saya sendiri belum menggunakannya. Namun yang jelas ada fitur dan tutorialnya.
Berapa Biayanya?
Supaya tidak penasaran dengan biaya, saya jelaskan dulu disini. Sebenarnya untuk menggunakan Mailketing itu tidak ada biaya. Anda hanya membayar biaya pengiriman seperti pulsa saat kita mengirim SMS.
Di Mailketing istilahnya kredit. Setiap kita mengirim ke 1 email, maka berkurang 1 kredit. Dan harga satu kredit paling mahal Rp 2. Ya, hanya dua rupiah.
Jika Anda tidak mengirim email (manual atau otomatis) kredit Anda tidak berkurang. Jadi jangan khawatir, jika email list Anda masih sedikit, kredit Anda akan awet.
Tidak ada biaya bulanan. Anda bisa membeli kredit minimum sebanyak 100.000 kredit atau senilai Rp 200.000. Jika mau yang lebih murah, bisa membeli paket kredit yang lebih banyak.
Garis Besar Penggunaan Mailketing
Cara penggunaan akan tergantung Anda menggunakannya untuk apa. Namun akan saya jelaskan secara garis besarnya disini.
Langkah pertama: Daftarkan Domain, supaya Anda bisa mengirime email menggunakan email Anda.
Langkah kedua: Buat list. Sesuaikan dengan keperluan Anda.
Langkah ketiga: Siapkan email otomatis (jika perlu).
Langkah keempat: Integrasikan dengan cara Anda mendapatkan email. Ada 3 cara:
- Anda membuat form pendaftaran, yang mendaftar akan masuk list.
- Diintegrasikan dengan website membership atau ecommerce, biasanya yang daftar dan order akan menjadi subscriber list tertentu (bisa diatur)
- Anda masukan subscriber secara manual atau import (hasil scrap dilarang).
Untuk penjelasan teknis saya sudah membuat video yang bisa Anda akses gratis di member area Sukses Bisnis Online. Dan tutorial teknis sudah banyak tersedia di Mailketing.
Kekurangan dan Kelebihan
Agar fair, pada review mailketing ini saya akan bahas kekurangan dan kelebihannya. Tidak ada produk yang sempurna.
Salah satu kekurangan yang menonjol, menurut saya, adalah banyak persiapan terlalu teknis. Ini akan menyulitkan bagi pemula dan masih gaptek.
Namun jika Anda mau belajar, panduan sudah ada dan supportnya cukup bagus. Jika bingung tanya saja di group telegram. Sejauh ini selalu dijawab. Saya sendiri pernah bertanya.
Support yang bagus ini juga menjadi sebuah kelebihan dari layanan mailketing. Karena banyak support yang kurang responsive. Tapi di mailketing cukup OK sejauh ini.
Kelebihan kedua adalah biaya yang cukup murah. Saya sudah membanding-bandingkan di tempat lain (terutama luar negeri) harga di Mailketing sangat murah.
Kelebihan ketiga adalah mudah diintegrasikan dengan website atau aplikasi lain. Keberadaan API (bagi yang faham) sangat memudahkan melakukan integrasi.
Kesimpulan Review Mailketing
Review mailketing ini saya buat bukan karena saya dapat komisi saja, tetapi karena saya memang puas dengan layanan mailketing. Saya menggunakanya hingga saat review mailketing ini dibuat.
Saya sudah mencoba berbagai layanan email marketing, baik lokal maupun internasional. Akhirnya saya betah di Mailketing. Terlepas dengan adanya kekurangan. Karena semua layanan email marketing ada plus minusnya.
Nah, jika Anda tertarik menggunakan Mailketing, langsung saja klik disini.
Demikianlah review mailketing dari saya, mudah-mudahan bisa menjadi pertimbangan bagi Anda.